Visi dan Misi Program Studi Ekonomi Syariah


Rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran fakultas terdapat pada dokumen Rencana Strategi FEB UNEJ tahun 2012-2018 yang dijadikan acuan dalam perkembangan FEB kedepan. Rumusan Visi FEB yaitu:

Menjadi Fakultas yang Unggul dan Profesional dalam Pembangunan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi di Indonesia pada Tahun 2020

Sesuai dengan rumusan Visi FEB UNEJ, maka rumusan Visi Prodi S1- Ekonomi Syariah yaitu:

Menjadi Program Studi Terkemuka dalam Penguasaan Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Berlandaskan Pada Nilai-nilai Syariah, Etika, dan Moral di Asia Tahun 2031.

                                   

Ketua PSES memimpin tim penyusunan visi, misi, sasaran dan tujuan PSES yang dilanjutkan dengan penyusunan visi untuk PSES berdasarkan pada pengumpulan informasi dan analisis SWOT yang telah dilaksanakan. Visi PSES tersebut disusun dan disesuaikan dengan Visi Fakultas dan Jurusan Ilmu Ekonomi.

Visi tersebut diharapkan bisa tercapai pada tahun 2031. Dengan adanya perbatasan waktu yang jelas, menjelaskan bahwa adanya keterukuran waktu dalam mencapai visi. Visi PSES yang relevan dengan visi misi Fakultas dan Universitas ditunjukkan bahwa UNEJ, FEB, dan PSES memiliki pandangan ke depan untuk menjadi universitas dan program studi yang unggul dalam pengembangan ilmu. Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang visi tersebut, ada beberapa kata kunci yang akan dijelaskan lebih rinci sebagai berikut:

  1. Makna Terkemuka, dalam Penguasaan Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Ialah diharapkan alumni PSES memiliki ketrampilan terkait dengan ketiga disiplin ilmu tersebut secara kombinasi sehingga memiliki kompetensi yang mumpuni untuk bersaing di dunia kerja, kesesuaian ini segaris dengan beberapa Mata Kuliah yang ada di PSES untuk Ilmu Ekonomi diantaranya: Pengantar Ekonomi Makro, Ekonomi Makro Islam, Ekonomi Moneter islam. Untuk Manajemen ialah: Bisnis islam, Manajemen Bisnis Syariah, Manajemen Pemasaran Syariah, Manajemen Sumber Daya Manusia Islam, Untuk Akuntansi ialah: Pengantar Akuntansi islam, Akuntansi Keuangan islam. PSES juga memiliki konsentrasi Ekonomi Pembangunan Syariah dan Manajemen Syariah sebagai upaya untuk mendukung keunggulan dan penciri dari PSES di bidang Manajemen Syariah dan Ekonomi Pembangunan Syariah.

Bidang Konsenterasi Manajemen Syariah, bermaksud bahwa, PSES memiliki orientasi terhadap Manajemen berbasis syariah dimana di dalamnya terdapat beberapa bidang diantaranya: Keuangan Syariah, Pemasaran Syariah dan Manajemen Sumber Daya Manusia Islam tidak terlewatkan didalamnya adalah Bisnis Halal yang menjadi trend dan isu yang terus berkembang di Indonesia dan Global, kesesuaian konsentrasi ini didukung dengan beberapa Dosen yang berkualifikasi S2 dan S3 di bidang Manajemen dan Bisnis serta beberapa pelatihan, sertifikasi dan penelitian yang dilakukan di bidang Manajemen Syariah yang diharapkan mampu memberikan kebaruan terhadap bahan ajar dikelas. Kesesuaian juga didukung dengan beberapa mata kuliah yang segaris dengan Manajemen yaitu: Manajemen Risiko dan Asuransi Syariah, Industri dan Pasar Produk halal, Perilaku Konsumen Muslim, Teknik Proyeksi Bisnis dan Komunikasi Bisnis.

Bidang Konsenterasi Ekonomi Pembangunan Syariah, bermaksud bahwa, PSES memiliki orientasi terhadap Ekonomi Pembangunan Syariah karena PSES masih ada dibawah Jurusan Ilmu Ekonomi sehingga mata kuliah PSES beberapa masih diampu oleh dosen Ekonomi Pembangunan karena masih saling beririsan, bidang konsenterasi Ekonomi Pembangunan Syariah juga memiliki turunan yaitu: Moneter Islam, Regional Islam, Sumber Daya Manusia Islam yang didukung dengan dosen yang berkualifikasi S2 dan S3 di bidang terebut serta pelatihan, penelitian yang diharapkan mampu memberikan kebaruan bahan ajar bagi dosen di kelas. Pun terdapat beberapa mata kuliah pendukung konsenterasi Ekonomi Pembangunan Syariah diantaranya: Perekonomian Negara-Negara Islam, Perencanaan Pembangunan, Ekonomi Pembangunan Islam, Ekonomi Politik Islam dan Ekonomi Kelembagaan.

  1. Makna Beretika, Bermoral dan Berlandaskan Pada Nilai-nilai Syariah, di PSES diturunkan dalam kurikulum dimana kurikulum-kurikulum Ekonomi Syariah terdiri atas beberapa matakuliah bernuansa Islam seperti: Pendidikan Agama Islam, Al Quran dan Hadist Ekonomi, Fiqih Muamalah, Hukum Bisnis Islam, Bisnis Islam. Dan beberapa inisiatif dosen yang diharapkan bisa meningkatkan etika dan moral mahasiswa diantaranya di kontrak kuliah sebelum dan sesudah kuliah diharuskan membaca Doa, mahasiswa yang terlambat masuk kelas harus membaca 5 ayat Al Quran sebelum ikut perkuliahan.

Misi

PSES memiliki misi untuk mencapai visi yang telah disusun sebagai berikut:­­­

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran program sarjana berbasis tauhid, perkembangan iptek, dan dinamika masyarakat;
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan dan dinamika masyarakat pada konsentrasi Ekonomi pembangunan Syariahi dan manajemen bisnis Syariah.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat bernuansa Syariah yang berlandaskan hasil pengembangan pembelajaran dan penelitian serta kebutuhan daerah.
  4. Melaksanakan kerja sama dengan instansi dalam negeri dan luar negeri yang fokus pada pengembangan institusi dan peningkatan kualitas civitas akademika.

Tujuan

Tujuan PSES yang disusun berdasarkan visi dan misi adalah untuk:

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional, inovatif, kreatif dan  berakhlakul karimah serta memiliki kompetensi unggul di bidang Ekonomi pembangunan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah.
  2. Menghasilkan penelitian berkualitas berbasis pengembangan keilmuan dan dinamika masyarakat bernuansa Syariah.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat bernuansa Syariah sebagai wujud aplikasi hasil pembelajaran dan penelitian untuk kepentingan kehidupan masyarakat.
  4. Menghasilkan peningkatan kinerja institusi dan kualitas civitas akademika melalui pengembangan kerja sama yang berkesinambungan.