Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image


Website Univ. Jember

Visitor

Flag Counter



KEGIATAN SEMINAR REGIONAL: DESIMINASI HASIL PENELITIAN DI WILAYAH EKS KARESIDENAN BESUKI


Responsive image


Pada era otonomi daerah, peningkatan daya saing suatu wilayah menjadi sangat penting. Wilayah yang tidak memiliki daya saing tinggi akan tertinggal dari wilayah lain. Dalam konteks marketing, wilayah yang ingin maju dan memenangi persaingan harus berhasil menerapkan standar global, memiliki perspektif regional dan menjadi juara di tingkat lokal. Suatu daerah harus bertekad menjadi berbeda dari daerah lain. Berbeda karena kinerja ekonomi bagus, kapasitas pemerintahan hebat, lebih efisien, infrastruktur memadai serta iklim usaha kondusif dan dinamis.

Dari segi perencanaan, harus dipahami bahwa karakteristrik dan potensi ekonomi antara satu daerah dengan daerah lainnya berbeda. Oleh karena itu, pendekatan kewilayahan, yang memahami adanya apa yang disebut kekhasan daerah (local atau region specific), perlu dikembangkan. Dalam hal ini, dalam kerangka tata ruang nasional, sekarang sedang dikembangkan konsep kawasan andalan, yang memadukan pertimbangan-pertimbangan potensi pembangunan daerah dengan investasi di berbagai sektor terutama prasarana untuk merangsang berkembangnya kegiatan ekonomi. 

Di sinilah peran perguruan tinggi sebagai pihak yang memfasilitasi upaya pembangunan dan pengembangan potensi daerah sehingga setiap daerah memiliki keunggulan yang berorientasi pada kearifan lokal. Sebagai jantung informasi yang memberikan support data sekaligus sebagai katalisator kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah yang bersangkutan, sekaligus juga sebagai pengontrol keberlangsungan upaya membangun daerah.

Program Magister Ilmu Ekonomi sebagai satu-satunya program Magister bidang Ilmu Ekonomi di lingkungan Eks Karesidenan Besuki ikut memiliki tanggung jawab besar terhadap perkembangan pembangunan daerah di Eks Karesidenan Besuki. Mengingat sebagian besar mahasiswa MIE berasal dari lingkungan Eks Karesidenan Besuki dan sebagian besar pula hasil penelitian dosen dan mahasiswa berkaitan dengan permasalahan di lingkungan Eks Karesidenan Besuki, sehingga hasil pemikiran-pemikiran tersebut perlu dilanjutkan kepada pengguna dalam bentuk kegiatan diseminasi hasil penelitian yang berkaitan dengan apa dan bagaimana daerah di lingkungan eks Karesidenan Besuki dalam membangun daerah agar menjadi daerah yang  unggul dan kompetitif.